Rabu, 26 November 2014

DESAIN PEMODELAN GRAFIK


            Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metode rancang, produk yang dihasilkan (rancangan), ataupun disiplin ilmu yang digunakan (desain). Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

Sejarah Desain Pemodelan Grafik

            Sejarah desain grafik sendiri memiliki banyak tahapan, diantaranya :

·         1851 The Great Exhibition

Diselenggarakan di taman Hyde London antara bulan Mei hingga Oktober 1851. Pada saat Revolusi industri. Pameran besar ini menonjolkan budaya dan industri serta merayakan teknologi industri dan desain. Pameran digelar dalam bangunan berupa struktur besi-tuang dan kaca, sering disebut juga dengan Istana Kristal yang dirancang oleh Joseph Paxton.

·         1910 Modernisme

Modernisme terbentuk oleh urbanisasi dan industrilisasi dari masyarakat Barat. Sebuah dogma yang menjadi nafas desain modem adalah “Form follow Fuction” yang di lontarkan oleh Louis Sullivan. Symbol terkuat dari kejayaan modernisme adalah mesin yang juga diartikan sebagai masa depan bagi para pengikutnya. Desain tanpa dekorasi lebih cocok dengan “bahasa mesin”, sehingga karya-karya tradisi yang bersifat omamental dan dekoratif dianggap tidak sesuai dengan “etika mesin”.

·         1916 Dadaisme dan De Stijl

Suatu pergerakan seni dan kesusasteraan (1916-1923) yang dikembangkan mengikuti masa Perang Dunia Pertama dan mencari untuk menemukan suatu kenyataan asli hingga penghapusan kultur tradisional dan bentuk estetik. Dadaisme membawa gagasan baru, arah dan bahan, tetapi dengan sedikit keseragaman. Prinsipnya adalah ketidak rasionalan yang disengaja, sifat yang sinis dan anarki, dan penolakan terhadap hukum keindahan.
Gaya yang berasala dari Belanda De Stijl adalah suatu seni dan pergerakan desain yang dikembangkan sebuah majalah dari nama yang sama ditemukan oleh Theo Van Doesburg. De Stijl menggunakan bentuk segi-empat kuat. Mengguanakan warna-warna dasar dan menggunakan komposisi asimetris. Gambar dibawah adalah Red and Blue Chair yang dirancang oleh Gerrit Rietveld.

·         1918-1919 Constructivism dan Bauhaus

Suatu pergerakan seni modern yang dimulai di Moscow pada tahun 1920, yang ditandai oleh penggunaan metode industri untuk menciptakan object geometris. Constructivism Rusia berpengaruh terhadap pada pandangan moderen melalui penggunaan huruf sans-serif berwarna merah dan hitam diatur dalam blok asimetris. Bauhaus dibuka pada tahun 1919 di bawah arahan arsitek terkenal Walter Gropius. Sampai akhirnya harus ditutup pada tahun 1933. Bauhaus memulai suatu pendekatan segar untuk mendesain mengikuti Perang Dunia Pertama dengan suatu gaya yang dipusatkan pada fungsi bukannya hiasan.

·         1928-1930 Gill Sans

Tipograper Eric Gill belajar pada Edward Johnston dan memperhalus tipe huruf Underground ke dalam Gill Sans. Gill Sans adalah sebuah jenis huruf sans serif dengan proporsi klasik dan karakteristik geometris lemah gemulai yang memberinya suatu kemampuan beraneka ragam (great versatility).

·         1950 International Style Internasional atau Sw

·         Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik

·         1961 : Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer

·         1963 : Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector)

·         1970 : Pierre B’eezier mengembangkan kurva B’eezier

·         1972 : Ditayangkannya film Westworld sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer

·         1974 : Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger: Keyframe animation and morphing

·         1976 : Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping

·         1977 : Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer

·         Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an : Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime

·         1982 : Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel

·         1984 : Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter

·         1986 : Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).

·         1995 : Diproduksi film Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama

·         Akhir tahun 90-an ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.

·         Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering


Daftar Software Desain Grafis

-          Desktop Pulishing
-          Adobe Photoshop
-          Adobe Illustrasi
-          Adobe Indesign
-          Page Maker
-          Coreldraw
-          GIMP
-          Inkscape
-          Microsoft Frontpage
-          Audiovisual
-          3D StudioMax
-          Maya
-          AutaCad
-          Google SketchUp

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar