Pemodelan
geometris merupakan cabang dari matematika terapan dan komputasi geometri yang
mempelajari metode dan algoritma untuk deskripsi matematika bentuk. Bentuk belajar di pemodelan geometris
tersebut kebanyakan 2D atau 3D, karena 2D adalah model yang penting dalam
komputer tipografi dan gambar teknik. Tiga dimensi model adalah pusat untuk
computer aided design dan manufacturing (CAD / CAM), dan banyak digunakan dalam
bidang teknik seperti sipil dan mechanical engineering, arsitektur, geologi dan
medis pengolahan gambar.
Geometric
modeling is a branch of applied mathematics and computational geometry that
studies methods and algorithms for mathematical description of the shape. Form
of study in geometric modeling is mostly 2D or 3D, because 2D is an important
model in computer typography and drawing techniques. Three-dimensional models
are central to computer aided design and manufacturing (CAD / CAM), and is
widely used in engineering fields such as civil and mechanical engineering,
architecture, geology and medical image processing.
Geometris
model yang bisa ditampilkan pada computer seperti shape/bentuk, posisi,
orientasi, warna/tekstur, dan cahaya. Pada goemetris model juga terdapat
tingkat-tingkat kesulitan untuk membuat suatu obyek seperti menghubungkan
beberapa bentuk sudut pada permukaan bebas karena bentuk sudut tersebut harus
pas dan teliti ukurannya agar gambar terlihat nyata.
Geometric
models that can be displayed on a computer such as a shape / form, position,
orientation, color / texture, and light. In goemetris models also there are
degrees of difficulty to make an object such as connecting some form angles at
the free surface due to the shape and angle must be carefully resized to fit
the image look real.
Tranformasi dari suatu
konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa di tampilkan
pada suatu komputer:
-
shape/bentuk
-
posisi
-
Orientasi (cara pandang)
-
Surface Properties / ciri-ciri permukaan (warna, tekstur)
-
Volumetric Properties / ciri-ciri Volumetric (ketebalan/pejal,
penyebaran cahaya)
-
Lights/cahaya (tingkat terang,jenis warna)
-
Dan lain-lain...
Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
-
Jalan-jalan segi banyak : suatu koleksi yang besar dari segi bersudut
banyak, dihubungkan satu sama lain.
-
Bentuk permukaan bebas : menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.
-
CSG : membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada
bentuk yang primitif.
sumber :
http://kartikawahyuni.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar