E-Commerce
Pengertian
E-Commerce
E-Commerce) adalah
penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem
elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.
E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data
elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data
otomatis. E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan
e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian
mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi
jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan
data (databases), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer
yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk
e-dagang ini.
Jenis-Jenis
E-Commerce
- B2B ( Bussines to Bussines )
B2B adalah transaksi
secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis
lainnya, dapat disimpulkan B2B adalah :
Disebut juga transaksi
antar perusahaan. Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang
dan jasa, informasi & konsultasi
Digunakan untuk
pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
keterangan :
EDI - singkatan dari
Electronic Data Interchange sebenarnya adalah sebuah metode pertukaran dokumen
bisnis antar aplikasi komputer - antar perusahaan/instansi secara elektronis
dengan menggunakan format standar yang telah disepakati.
- B2C (Bussines to Consument )
B2C adalah kegiatan
E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang
atau jasa. Dengan penjualan langsung di internet dan pemesanan dapat langsung
dilakukan oleh konsumen karena biaya sudah tercantum. kelebihan dari B2C adalah
sebagai berikut :
Disebut dengan
transaksi pasar. Konsumen mempelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi.
Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment. Meminta agar barang
dikirimkan.
- C2C ( Consumer to Consumer )
C2C adalah model
e-commerce yang menjamur di Indonesia saat ini. Contoh dari C2C adalah iklan
baris dan toko-toko buku online dadakan (dimiliki oleh individu yang umumnya
memanfaatkan layanan blog gratis seperti blogspot).
C2C terjadi seorang
individu melakukan penjualan produk/jasa langsung kepada individu lainnya.
Masalah
E-Commerce
- Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
- Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.
E-Bussiness
Pengertian
E-Bussiness
E-Business atau
Electronic business adalah aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun
tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan cara
memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu
aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi
sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha.
Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem
terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui
teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali
dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.
Manfaat
E-Bussiness
Manfaat e-business bagi
perusahaan
- Memperluas pasar hingga mancakup pasar nasional dan pasar global
- Menekan biaya penyusunan, memproses, mendistribusikan, meyimpanan dan mengakses informasi berbasis kertas
- Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa.
- Memperpendek jarak
- Efisien
- Perluasan jaringa mitra
- Cash flow terjamin
Manfaat e-business bagi
konsumen
- Memungkin konsumen berbelanja atau melakukan transaksi lainny setiap saat (24 jam sehari) dan dimana saja
- Memberikan pilihan produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan.
- Memungkinkan konsumen dalam mendapatkan produk atau jasa yang lebih murah.
- Memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan pelanggan lainnya dalan electronic communities dan saling bertukar gagasan serta pengalaman.
- Memfasilitasi kompetisi yang mengarah pada diskon subtansional bagi pelanggannya.
Manfaat e-business bagi
masyarakat
- Memungkinkan lebih banyak orang bekerja di rumah dan jarang berpergian untuk belanja, sehingga kemacetan dan populasi udara berkurang.
- Memungkinkan beberapa jenis barang dijual dengan harga murah, sehingga harga terjangkau.
- Memungkinkan masyarakat di Negara berkembang dan kawasan perdalaman menikmati produk dan jasa relative langka di tempat tinggalnya atau jarak yang jauh untuk memperolehnya.
- Peluang kerja baru
Manfaat e-business bagi
dunia akademis
- Tantangan baru
- Para peneliti tertantang untuk melakukan analisis terhadap pergeseran pola bisnis
- Membuka kerangka baru dalam penjualan jasa pendidikan
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar